Jumat, 25 Mei 2012

Perkembangan Public Relations in cyber (dunia maya)


Perkembangan Public Relations (PR) baik sebagai ilmu maupun profesi tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknologi komunikasi terhadap PR dapat berbentuk sebagai alat/media PR ataupun bentuk baru dalam kegiatan PR, yang memunculkan istilah cyber PR, Net PR dan nama lain bentuk kegiatan atau bidang kajian PR dalam dunia cyber (dunia maya) yang termasuk social media di dalam nya.

Kini sudah ada program PR atau sebagai konsultan PR yang ditawarkan lewat internet melalui social media. Sehingga sebagai pengguna internet orang bisa mengakses atau memasang jasa PR di internet (social media) pada situs-situs internet yang banyak diakses berbagai public pengguna internet, salah satu nya yaitu jejaring social Facebook, PR kadang kala memanfaatkan jejaring social untuk menawarkan jasa nya sebagai konsultan PR. PR online dan strategi marketing diantaranya adalah Press Release, Expert Articles, Email Newsletter, Blog, web seminars, dan Podcasts.

Social Media membawa perspektif dan pola baru di era informasi dalam bentuk jaringan teknologi yang memungkinkan setiap orang mengakses kemana saja untuk memenuhi kebutuhannya, Organisasi/Perusahaan yang mengadopsi internet/Social Media akan mengalami perkembangan pesat di tengah-tengah masyarakat informasi yang semakin heterogen dan dapat meraut khalayak atau pasar sasaran yang lebihbesar jumlahnya. Kini dunia PR memasuki masa keemasan, karena teknologi internet/sosial media ini telah membawa praktisi mampu mencapai public sasaran secara langsung, tanpa intervensi dari pihak-pihak lain, seperti redaksi atau wartawan di media massa yang biasanya bertindak sebagai penjaga gawang pesan komunikasi dan melakukan penyensoran terhadap pesan informasi PR bagi khalayak (public).
Beberapa diantaranya yang bisa dilakukan praktisi PR melalui penggunaan Internet dan sosial media:

1) PR harus menyadari khalayak/public dapat mengakses semua Press Release atau News Release yang dikirimkan melaui internet atau server sosial media seperti Facebook, Tweeter dll, dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh khalayak/public.
2) Public dapat mengakses homepage yang ada di World Wide Web bila (bila perusahaan itu telah memiliki homepage).
3) PR dapat membuat mailing list dari public nya.Mailing List adalah perangkat elektronik yang dapat menyebarkan Press Release kepada publik nya melalui kotak e-mail.

            Dengan aktifitas tersebut membuat PR memiliki hubungan yang baik antara stekholder dalam maupun stekholder dari luar. Publik akan sangat tergantung kepada PR sebagai sumber informasi berita yang tidak tersaji disurat kabar dan media massa lainya. Melalui internet dan berbagai sosial media, PR dapat menghemat biaya dibanding harus mengirim Press Release melalui Pos ataupun Faks.

Keuntungan PR dalam menggunakan internet/social media:

1) Informasi cepat sampai kepada publik.
2) Bagi PR, internet/social media dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi.
3) Siapapun dapat mengakses Internet.
4) Tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
5)  Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung. (Shel Holtz,1999).

sumber : (http://www.scribd.com/doc/88816919/Perkembangan-PR-Di-Era-Internet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar