Perkembangan
Public Relations (PR) baik sebagai ilmu maupun profesi tidak bisa terlepas dari
perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknologi komunikasi terhadap PR
dapat berbentuk sebagai alat/media PR ataupun bentuk baru dalam kegiatan PR,
yang memunculkan istilah cyber PR, Net PR dan nama lain bentuk
kegiatan atau bidang kajian PR dalam dunia cyber (dunia maya) yang termasuk
social media di dalam nya.
Kini
sudah ada program PR atau sebagai konsultan PR yang ditawarkan lewat internet
melalui social media. Sehingga sebagai pengguna internet orang bisa mengakses
atau memasang jasa PR di internet (social media) pada situs-situs internet yang
banyak diakses berbagai public pengguna internet, salah satu nya yaitu jejaring
social Facebook, PR kadang kala memanfaatkan jejaring social untuk menawarkan
jasa nya sebagai konsultan PR. PR online dan strategi marketing diantaranya
adalah Press Release, Expert Articles, Email Newsletter, Blog, web seminars,
dan Podcasts.
Social
Media membawa perspektif dan pola baru di era informasi dalam bentuk jaringan
teknologi yang memungkinkan setiap orang mengakses kemana saja untuk memenuhi
kebutuhannya, Organisasi/Perusahaan yang mengadopsi internet/Social Media akan
mengalami perkembangan pesat di tengah-tengah masyarakat informasi yang semakin
heterogen dan dapat meraut khalayak atau pasar sasaran yang lebihbesar jumlahnya.
Kini dunia PR memasuki masa keemasan, karena teknologi internet/sosial media
ini telah membawa praktisi mampu mencapai public sasaran secara langsung, tanpa
intervensi dari pihak-pihak lain, seperti redaksi atau wartawan di media massa
yang biasanya bertindak sebagai penjaga gawang pesan komunikasi dan melakukan
penyensoran terhadap pesan informasi PR bagi khalayak (public).
Beberapa diantaranya yang bisa dilakukan praktisi
PR melalui penggunaan Internet dan sosial media:
1) PR harus menyadari khalayak/public
dapat mengakses semua Press Release atau News Release yang
dikirimkan melaui internet atau server sosial media seperti Facebook, Tweeter
dll, dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh khalayak/public.
2) Public dapat mengakses homepage
yang ada di World Wide Web bila (bila perusahaan itu telah memiliki homepage).
3) PR dapat membuat mailing list
dari public nya.Mailing List adalah perangkat elektronik yang dapat
menyebarkan Press Release kepada publik nya melalui kotak e-mail.
Dengan aktifitas tersebut
membuat PR memiliki hubungan yang baik antara stekholder dalam maupun
stekholder dari luar. Publik akan sangat tergantung kepada PR
sebagai sumber informasi berita yang tidak tersaji disurat kabar dan media
massa lainya. Melalui internet dan berbagai sosial media, PR dapat menghemat
biaya dibanding harus mengirim Press Release melalui Pos
ataupun Faks.
Keuntungan PR dalam menggunakan internet/social
media:
1) Informasi cepat sampai kepada publik.
2) Bagi PR, internet/social media dapat berfungsi
sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan
promosi.
3) Siapapun dapat mengakses Internet.
4) Tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
5) Internet dapat membuka kesempatan
melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung. (Shel
Holtz,1999).
sumber : (http://www.scribd.com/doc/88816919/Perkembangan-PR-Di-Era-Internet)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar